Info Beasiswa Guru SMP/SMA/Sederajat 2016


Infoin info  kali ini masih tentang beasiswa, Info beasiswa kali ini datang dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS melalui International Research & Exchanges Board (IREX).
Nama program beasiswa guru ini sudah tak asing. International Leaders in Education Program (ILEP). Setiap tahun ditawarkan dan memberi kesempatan bagi para guru SMP/SMA/sederajat di Tanah Air untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas AS. Beasiswa ILEP 2016 ini juga mencakup pelatihan intensif mengenai metodologi, rencana pembelajaran, strategi mengajar, penggunaan komputer dan internet, termasuk bagaimana mengolah kata dan menggunakan alat bantu mengajar. Beasiswa guru SMP/SMA/sederajat ini berlangsung sekitar lima bulan yang dimulai Januari 2017.

Profil Beasiswa

ILEP merupakan beasiswa yang disediakan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS melalui International Research & Exchanges Board (IREX), organisasi non profit yang berbasis di Washington, DC.

Tidak hanya pelatihan intensif dan perkuliahan selama satu semester pada program akademik di universitas AS. Penerima beasiswa IELP juga akan magang di sekolah menengah di AS dan berinteraksi secara aktif dengan guru dan siswa.

Beasiswa yang diperoleh

Beasiswa yang diperoleh di antaranya mencakup pembekalan sebelum keberangkatan yang dilaksanakan di Indonesia, tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat, orientasi kedatangan di Washington, DC, biaya program akademik, tempat tinggal, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta uang saku harian untuk makan dan ongkos selama menjalani perkuliahan di universitas.

Selain itu diberikan pula laptop, buku/tunjangan pengembangan profesional, mengikuti seminar penutupan di Washington, DC, tunjangan bagasi, dan kesempatan mengajukan bantuan hibah kolaboratif dengan kolega yang ada di AS.

Persyaratan Beasiswa:

1. Guru SMP/SMA/sederajat yang mengajar bidang bahasa Inggris, ilmu sosial (IPS), pendidikan kewarganegaraan (PKn), matematika, serta sains (IPA).
2. Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun atau lebih
3. Warganegara Indonesia
4. Mampu menulis dan berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor minimum ITP TOEFL 500, IBT TOEFL 60/61, atau IELTS yang setara

Pendaftaran Beasiswa:

Pengajuan beasiswa guru SMP/SMA/sederajat 2016 dari IREX dapat dilakukan dengan dua cara. Pilih salah satu.

▪ Cara pertama, Kirimkan dokumen aplikasi berikut melalui kantor AMINEF:
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Satu halaman Statement of Purpose yang ditulis dengan jelas
3. Curriculum Vitae
4. Mengisi dua formulir rekomendasi serta formulir dukungan institusi
5. Copy kartu identitas (KTP atau paspor)
6. Copy skor TOEFL/IELTS

Kirimkan dokumen aplikasi lengkap tersebut ke alamat:

AMINEF OFFICE
Intiland Tower, 11th Floor
Jl. Jend. Sudirman 32,
Jakarta 10220

▪ Cara kedua, mengajukan aplikasi online:
Jika memilih mendaftar dengan cara kedua, pelamar mengajukan aplikasi beasiswa ILEP secara online di website IREX: http://oas.irex.org/ilep

Buatlah akun terlebih dahulu di website tersebut, kemudian isi formulir serta unggah dokumen aplikasi (format Pdf) yang diminta berikut:
1. Dua surat rekomendasi dan dukungan institusi (formulir bisa diunduh pada aplikasi online)
2. Identitas diri (KTP atau paspor)
3. Ijazah dan transkrip
4. Skor TOEFL/IELTS
5. Curriculum vitae

Pengajuan beasiswa tersebut paling lambat 15 April 2016.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ILEP 2016 dapat disampaikan melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau cek melalui website Aminef (www.aminef.or.id). Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk menshare postingan Informasi beasiswa ini, karna mungkin informasi beasiswa ini akan berguna untuk keluarga, teman, kerabat, dan orang-orang terdekat kita lainnya.

Post a Comment

0 Comments
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin

News

iklan banner