Informasi Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017

Informasi Pendaftaran Online SNMPTN

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, Tata Cara Pendaftaran Online SNMPTN, Panduan Pendaftaran Online Jalur Nasional (SNMPTN), Panduan Pendaftaran Online Jalur Undangan (SNMPTN), Situs Resmi Pendaftaran Online SNMPTN : pendaftaran.snmptn.ac.id, 2016/2017.


Pada kesempatan yang baik ini Infoin akan memberikan informasi penting kepada anda tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017. Ingin tahu informasi selengkapnya! Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan yang merupakan jalur nasional yang bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dilihat dari nilai raport selama 5 semester (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK yang lama masa pendidikannya 3 Tahun) atau selama 7 semester (bagi SMK/MAK yang lama masa pendidikannya 4 Tahun).


Siswa / siswi yang secara konsisten menunjukkan kenaikan prestasinya mulai dari kelas X sampai kelas XII semester satu, maka ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN dan biasanya akan diterima jika memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia SNMPTN.


Selain itu, SNMPTN juga disebut jalur undangan karena hanya siswa / siswi yang mendapatkan undanganlah yang berhak untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Bagi siswa / siswa yang tidak mendapatkan undangan, maka tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN.


Jalur SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang pertama kali dibuka. Setelah Pendaftaran SNMPTN ini berakhir, dalam artian telah sampai pada tahap Pengumuman Kelulusan SNMPTN, maka nantinya akan dibuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SBMPTN. Bagi siswa / siswi yang tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.


Itulah sedikit tentang kata-kata motivasi untuk anda. Baiklah, kita lanjutkan kembali pembahasan utama kita tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017.


SNMPTN pada saat ini telah menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru paling favorit. Hal ini terlihat dari kuota penerimaannya. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN memberikan kuota terbanyak yaitu sebanyak 50 % dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan 50 % lainnya untuk penerimaan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN (30 %) dan jalur mandiri PTN (20 %).


Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya bahwa peserta SNMPTN ini sangat banyak, sehingga mereka semua menjadi pesaing anda, bahkan teman anda sendiri yang memilih Program Studi yang sama dengan anda adalah pesaing anda. Selain itu pula, perlu diingat bahwa pesaing anda adalah siswa / siswi dari berbagai sekolah di Indonesia. Tentunya mereka semua memiliki tingkat kemampuan akademik yang berada di atas rata-rata. Namun anda harus tetap optimis karena yang menentukan Kelulusan SNMPTN adalah panitia SNMPTN. Tunggu saja nanti pada saat Pengumuman SNMPTN 2016/2017, apakah anda lulus atau tidak.


Baiklah kita langsung saja akan membahas tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017. Admin akan menguraikan pembahasan ini mulai dari pendaftaran bidikmisi jalur SNMPTN, pendaftaran SNMPTN oleh sekolah, pendaftaran SNMPTN oleh siswa, jadwal pelaksanaan SNMPTN, tahapan seleksi SNMPTN, persyaratan pendaftaran SNMPTN, jumlah pilihan PTN dan program studi  SNMPTN, biaya seleksi SNMPTN sampai ke daftar nama-nama PTN di indonesia yang tergabung dalam SNMPTN.


Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN 2016/2017

Calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi diawali oleh sekolah yang merekomendasikan para siswanya. Operator Sekolah membuka situs pendaftaran Bidikmisi untuk sekolah yaitu bidikmisi.dikti.go.id kemudian klik login sekolah. Isi data sekolah dan data siswa yang akan mengikuti Bidikmisi.

Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat bidikmisi.dikti.go.id kemudian klik login siswa. Siswa login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah didapatkan dari sekolah. Isi biodata anda dengan lengkap dan benar. Setelah selesai, selanjutnya anda bisa mendaftarkan diri mengkuti seleksi SNMPTN.


Informasi lengkap mengenai Bidikmisi, telah admin rangkum pada artikel kami lainnya yang berjudul Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi. Silahkan klik pada judul tersebut.


Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2016/2017


Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) tahap pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) tahap pendaftaran oleh siswa. Berikut ini penjelasannya.


Tata Cara Pengisian PDSS Oleh Sekolah Pada SNMPTN 2016/2017


  1.     Kepala Sekolah atau yang mewakili membuka situs pangkalan data, yaitu : pdss.snmptn.ac.id
  2.     Kemudian mendaftarkan nama-nama siswa dan mengisi data siswa yang akan ikut seleksi jalur SNMPTN pada alamat situs tersebut.
  3.     Nantinya Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password.
  4.     Kepala Sekolah memberikan NISN dan Password kepada siswa
  5.     Siswa melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah pada PDSS.
  6.     Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut telah dianggap benar.
  7.     Selanjutnya siswa peserta SNMPTN akan melakukan pendaftaran SNMPTN sendiri.

Tata Cara Pendaftaran Online Oleh Peserta SNMPTN Pada SNMPTN 2016/2017


  1.     Buka situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu pendaftaran.snmptn.ac.id
  2.     Login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah
  3.     Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  4.     Khusus siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah
  5.     Periksalah kembali kebenaran pengisian data diri anda.
  6.     Jika telah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN 2016

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2016/2017



Untuk bisa mengikuti SNMPTN, maka harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SNMPTN. Persyaratan pendaftaran SNMPTN diperuntukkan bagi sekolah dan siswa peserta SNMPTN. Penjelasan secara rinci sebagai berikut.

Persyaratan Sekolah


    SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta, termasuk sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang mempunyai NPSN.
    Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Peserta SNMPTN


  1.     Akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya
  2.     Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  3.     Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2016/2017


  1.     Pengisian dan Verifikasi PDSS pada 22 Januari - 12 Maret
  2.     Pendaftaran Online SNMPTN pada 13 Februari - 15 Maret
  3.     Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 14 - 28 April
  4.     Proses seleksi dilakukan pada 16 Maret - 8 Mei
  5.     Pengumuman Kelulusan SNMPTN pada 9 Mei 2016

Tahapan Seleksi SNMPTN 2016/2017


  •     Siswa Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  •     Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN 2016/2017


  •     Setiap Siswa Peserta SNMPTN bisa memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN.
  •     Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan Sekolah asalnya.
  •     Apabila memilih 1 (satu) PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  •     Siswa Peserta SNMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  •     Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  •     Siswa SMK/MAK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

Biaya Seleksi SNMPTN 2016/2017


Perlu diketahui bahwa biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta SNMPTN tidak perlu lagi membayar biaya pendaftaran. Hal ini memberikan keringanan kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Daftar Nama-nama PTN se-Indonesia yang Tergabung dalam SNMPTN 2016/2017


Anda perlu mengetahui PTN mana saja yang telah tergabung dalam SNMPTN 2016/2017. Dengan mengetahuinya, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan PTN dan program studi yang ada. Tentu saja PTN yang telah tergabung dalam SNMPTN 2016/2017 adalah PTN terfavorit di Indonesia. Berikut admin berikan informasinya untuk anda.
  1.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  4.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Sumatera Utara (USU)
  5.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Andalas(UNAND)
  6.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Padang(UNP)
  7.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-SUSKA)
  8.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Riau (UNRI)
  9.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  10.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Jambi (UNJA)
  11.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Bengkulu (UNIB)
  12.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN Raden Fatah)
  13.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  14.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Bangka Belitung (UBB)
  15.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Lampung (UNILA)
  16.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Indonesia (UI)
  17.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta)
  18.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 
  19.     Pendaftaran SNMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB)
  20.     Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB)
  21.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UINSGD)
  22.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  23.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  24.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)
  25.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)
  26.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  27.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  28.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Sebelas Maret (UNS)
  29.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM)
  30.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN-SUKA)
  31.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  32.     Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  33.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Airlangga (UNAIR)
  34.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Brawijaya (UB)
  35.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang)
  36.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSBY)
  37.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Jember (UNEJ)
  38.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Malang (UM)
  39.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  40.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Trunojoyo (UTM)
  41.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  42.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
  43.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Udayana (UNUD)
  44.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Mataram (UNRAM)
  45.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  46.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  47.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Palangka Raya (UNPAR)
  48.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  49.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Mulawarman (UNMUL)
  50.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Borneo Tarakan (Borneo)
  51.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  52.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
  53.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Tadulako (UNTAD)
  54.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  55.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin)
  56.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Makassar (UNM)
  57.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Haluoleo (UHO)
  58.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  59.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Pattimura (UNPATTI)
  60.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Khairun (UNKHAIR)
  61.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Cenderawasi (UNICEN)
  62.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
  63.     Pendaftaran SNMPTN Universitas Papua (UNIPA)

Informasi Lainnya : Jika ada perubahan tentang informasi SNMPTN, maka yang berlaku adalah yang ada di laman resmi SNMPTN.

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2016/2017 yang telah admin jelaskan di atas bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online SNMPTN.
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin

News

iklan banner